Pages

DoubleCapital

Guide destroyer seal online



Knight [Ksatria], kenapa memilih knight?? . Mungkin rekan2 punya alasan tersendiri memilih job ini. Bagi saya, knight merupakan job favorit,Tidak lepas dari equiptment
armor yang keren gagah dan elegan, dilihat dari sejarahnya sifat dasar (chevalry) knight adalah ksatria pilihan dengan loyality (Kesetiaan), honour (kehormatan), nobel (bangsawan) dan power (kekuatan) bagi kerajaan2, bangsa dan negara pada zaman dahulu. JOB knight merupakan job yang lebih sedikit jumlah populasinya dibanding job lain
(Kelas sedang) seperti clown, warior, cleric Oleh karena itu job ini termasuk kelas berat. rekan2 dapat lihat bandingkan jumlah populasi knight yang sudah mulai terlihat pada lvl 200 ++ cukup sedikit dibanding clown (Triks), warior (Barbar) dan cleriec (Prist). Knight job 2 terbagi menjadi 2 tipe yaitu : Palladin (Defender) dan Destroyer (Renagade).

1. Palladin, berasal dari kata latin "Palatinus". Palladin (defender) merupakan tipe job kelas berat lanjutan dari knight dengan def yang besar namun presentasi skill serangan yg kecil sehingga sering di sebut "LOW DEMAGE TANKER".Palladin memfokuskan pada "defensive oriented" .beberapa kelebihan dan kekurangan job ini :

Kelebihan :
- Def sangat besar membuat musuh (by 1) sulit / bahkan imposible untuk mengalahkan job ini. bayangkan saja, GoldenSaint XG rata 1 set dengan def 1600++ (+ skill def
500) sehingga total def +- 2000, luka berkurang 65% ++ dengan HP total 20k (+ Hp bless), saya rasa sangat sulit sekali bagi lawan (by 1) bahkan asasin dewa pun untuk mengalahkan tipe job ini.
- Hunt sangat nyaman untuk tipe MOB area dan lvling lumayan lebih cepat dari destroyer
- status build tidak seribet destroyer

kekurangan :
- Serangan yang kecil 1400%, 1500% dan 1800% tipe MOB sangat sulit untuk dapat mengalahkan lawan asumsi EQ mereka XG rata, kecuali jika lawan lemah EQ dan lvl.
- HUnt cenderung MOB terus, tidak enak klo hanya skill 1 momon, sehingga harus memilih tempat yang banyk momonnya, namun berhubung skrg agak susah cari spot (khusus
Cladea) karna populasi meledak akibat penggabungan server.
- lawan momon tipe BOZ (OHM, Diana, Pillar) demage kurang masuk sehingga kurang nyaman.

2. Destroyer (Renagade) merupakan tipe kelas berat lanjutan dari knight dengan def yang cukup besar (dibawah palladin) dan serangan yang cukup besar (hampir setara warior barbar) sehingga sering disebut "HIGH DEMAGE TANKER". Destroyer memfokuskan pada serangan "offensive oriented". beberapa kelebihan dan kekurangan job ini:

Kelebihan
- Serangan yang cukup besar dan def yang cukup besar dan adanya skill "stun" membuat job ini memiliki kesempatan dalam mengalahkan lawan termasuk lawan yang XG rata.
tentu tergantung dari EQ dan tehnik skill. pengalaman oleh char saya, skill ultimate deadlyCrash destroyer dapat menembus sekitar 3000 - 3500 point ( 4000 - 4500 point
jika frenzy aktif) lawan XG dengan luka berkurang rata 50% ++ , tetapi jika lawan adalah knight/ palaldin XG rata luka brkurang 60% ++ hanya dapat menembus kisaran 2000 - 2500 point.
- hunt sangat fleksibel, MOB bisa , single demage besar sehingga dapat hunt dimana saja.
- Karena demage besar, lawan momon tipe BOS (OHM, Diana, PIllar) lebih nyaman. pengalaman saya saat lawan OHM, skill ultimate destro dapat tembus 45k (tanpa paket),
65k (tanpa paket, frenzy aktif), 55k (dengan paket), 75k (paket + frenzy), 110k (paket + frenzy + HF).
- JIka FE XG rata job yang memiliki serangan yg besar seperti barbar namun dengan kelebihan luka berkurang 63% ++ krna msh dalam kelas knight (bertameng / Shield)

Kekurangan
- def tidak berbeda jauh dari warior (diatas dikit) ditambah adanya skill vengeance yang mengurangi def -120 membuat anda merasa lbh bocor dibanding paladin baik dari segi hunt maupun pvp.
- status build agak ribet terutama pengambilan skill. salah sedikit bs cacat.
- hunt agak lelet dibanding paladin secara umum , karna tipe single hit (tergantung tehnik huntnya).

STATUS BUILD DESTROYER

>> Untuk lvl 150 kebawah :
Asumsi rekan2 sudah memahami status build knight yang baik.Berdasarkan pengalaman saya, saya sarankan untuk knight dibawah lvl 150 supaya lebih memfokuskan pada full
STR (jika EQ berkatalis/ hunt selalu dengan prist) dan AGI (jika EQ bukan katalis/ hunt solo) , untuk VIT cukup 30 - 50 dulu (tiap 1 point vit = 40 hp) , dan rekan2 berusaha untuk berfokus lvling dulu. mengapa demikian..?? karena pada saat hunt , demage akan terasa besar terhadap momon "fast kill" dan cepat lvling.

>> Untuk lvl 180 kebawah
pada saat rekan2 mencapai lvl 150, ada baiknya untuk tidak langsung mengubah job manjadi destroyer, karena pada saat lvl antara 150 - 170, skill destroyer belum begitu
terasa dikarenakan EP yang masih kurang sehingga skill blm maksimal dan itu akan membuat berat dalam hal hunt/lvling . idealnya anda berubah antara lvl 170 - 180
sehingga cukup EP untuk mengambilan skill yang lumayan untuk tingkat pemula, sehingga saya sarankan untuk tetap menjadi knight hingga lvl 170++. untuk tipe AGI
disarankan cukup ikut armor yang dipakai/ tipe no AGI untuk EQ berkatalis, sesuai kebutuhan anda dan sisanya STR.

>> untuk lvl diatas 190 / 200++
Disni sudah mulai terasa lbh kuat, maka ada baiknya rekan2 untuk mengisi VIT yang labih banyak, untuk tipe hunt (tidak suka pvp) 80 VIT sudah cukup, namun untuk tipe

hunt+pvp/ pvp minimal VIT 125 (10k) untuk standar aman bagi HP destroyer, semua tergantung kebutuhan anda.

Skills

Ada 2 tipe destroyer yaitu : (impact + MOB) dan (full impact)
1. untuk tipe impact + MOB (tipe yg saya ambil) karena bagi saya, destroyer tidak terlalu fokus terhadap def dan skill buff ( infinityguard, defenseguard, movement, provoke / multi), sehingga "full skill" max area + max single agar hunt lbh fleksibel (MOB berguna saat keadaan terdesak). untuk destroyer lbh difokuskan terhadap demage serangan dan ASPD yang kencang, tetapi def juga tetap penting, lbh besar lbh baik. ini adalah rumus yang saya pakai skill job 1 knight dari kiri ke kanan - bawah kiri ke kanan
5 3 3 5 10 10 3 5 5 5 1 0 0 0 0.

2. tipe full impact, semua skill diambil kecuali skill area (cross = 0 ). skill buff provoke, infinityG, defenseG,multi, movement diambil hingga max. namun dengan konsekuensi hunt hanya single target saja tanpa bisa MOB.

Skills destroyer umumnya tipe single hit dengan presentasi demage yang besar, namun ada 1 skill yang termasuk area yaitu "deadlyCrash" jika menggunakan kapak akan
menghasilkan area "katanya". namun masih bug, blm ter-implementasi sehingga efek yang dihasilkan tetap single hit saja =( . OK saya urutkan berdasarkan prioritas skill yang anda wajib ambil dari nomor urut pertama (paling penting) hingga terakhir.

1. Deadlycrash (max lvl10 2346%) = ambil secepatnya dan maximalkan
2. ShockImpact (max lvl5 1352%) = skill wajib ke 2, ambil dan maximalkan, sangat berguna untuk pvp
3. Break Armor (max lvl5 1248%) = skill wajib ke 3, ambil dan maximalkan, berguna untuk hunt dan pvp
4. Vengeance (max lvl5 +120 atk -120 def) = skill wajib ke 4, berguna untuk meningkatkan demage skill
5. Frenzy (max lvl 1 + 300 atk + 60 gerak) = meningkatkan serangan,berguna untuk melawan momon saat hunt terutama tipe boz.
6. Break weapon (max lvl5 1300%) = skill wajib ke 5, berguna untuk memperkecil serangan lawan.
7. Hemorhage (max lvl1 ) = skill yang sebaiknya diambil setelah diatas mencapai maximal semua.

Anomali skills

pada job destroyer terdapat anomali skills demage (keanehan pada demage skills).

perhatikan presentasi skill pada lvl max skill job1 knight :

Deadlycross = 1520%
Heavenlycorss = 1630%
impact explotion = 1040% (satu-satunya skill impact bercritical 2x = 2080%)
impact destruction = 1540%
Grand Sword = 2048%

perhatikan presentasi skill impact pada lvl max skill job2 destroyer :

ShockImpact = 1352%
Break Armor = 1248%
breakweapon = 1300%
Deadlycrash = 2346%

secara perhitungan logika, impact job1 knight akan menghasilkan demage yg lbh besar drpada demage skill destroyer (selain Deadlycrash 2346%). TETAPI nyatanya tidak demikian.

berdasarkan pengalaman saya hingga skrg, ternyata demage shockimpact, breakweapon, breakarmor melebihi demage Deadlycross, heavenlycross dan impact destruction.
singkatnya : SI, BA, BW > DC, HC, ID

ambil contoh : saat saya hunt di lembah sikara dengan momon (abuca [tanah] lvl 205), ketika saya skill,

skill knight :
Deadlycross (1520%) = masuk demage 23k ++ (34k++ frenzy)
Heavenlycross (1630%) = masuk demage 25k ++ (36k ++ frenzy)
impactexplotion (1040%) = masuk demage 16k ++ (critikal 32k) (23k 47k frenzy)
GrandSword (2048%) = masuk demage 31k ++ (46k frenzy)

skill destroyer
ShockImpact (1352%) = masuk demage 28k ++ (42k++ frenzy)
Break Armor (1248%) = masuk demage 26k ++ (39k ++ frenzy)
breakweapon (1300%) = masuk demage 27k ++ (40k ++ frenzy)
Deadlycrash (2346%) = masuk demage 50k ++ (76k ++ frenzy)

disnilah anomali (keanehannya) dan ini semua berlaku terhadap semua jenis momon (element/ non-element) dan berlaku jg di pvp. mengapa demikian ???? masih misteri...
dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa demage ke 3 skill destroyer (BW, BA, SI) demage yg dihasilkan sekitar presentasi antara 1630% - 2000%. sedangkan menggunakan rumus perbandingan hasil demage diperoleh skill Deadlycrash 3400% terhadap GrandSword yang 2048%.

lihat perbedaan skill GrandSowrd (2048%) dan Deadlycrash (2346%) hanya selisih 300%. namun beda demage dilapangan sangat jauh selisih 19k (hampir 20k) dan jika frenzy aktif selisih menjadi menjadi 30k, 300% = 19k (30k) demage ??? I dont think so...

TEHNIK HUNT

Destroyer difokuskan untuk single target (full impact) dengan demage yang besar, namun msh memiliki kesempatan untuk memiliki skill area layaknya palladin (GC DC HC)
dengan mengorbankan skill buff. menurut saya lbh baik lagi jika mengambil tipe MOB + impact, maka hunt akan lbh fleksibel, dapat hunt dmn saja, dapat hunt layak ny
knight (MOB) ataupun single (warior/clown). single fast kill fast hunt dan MOB ketika di butuhkan atau terdesak bertemu momon dalam jumlah banyak. MOB destroyer agak bocor jika tidak di dukung dengan EQ berkualitas dan sebisa mungkin hindari pemakaian vengeance saat hunt mode MOB karena akan menguras def - 120 dan bocor (kecuali EQ anda sangat bagus tak masalah walau vengeance aktif).

Umumnya lvling destroyer lbh lelet drpada palladin, namun tidak semuanya benar, berdasarkan pengalaman saya, jika kita tau tehnik lvling destroyer justru hunt dapat
lbh cepat drpada paladin. mengapa demikian?? bukankah palladin tipe MOB sehingga momon banyak dapat di kill dalam 1 waktu sedangkan destroyer 1 per 1 momon kadang MOB jika keadaaan darurat. ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu :
kita ambil contoh : lembah sikara , momon abuca(tanah)lvl 205.
berdasarkan pengalaman saya perhatikan :

paladin :
- paladin membutuhkan selang waktu untuk mengumpulkan momon ke dalam 1 titik temu untuk siap di MOB
- paladin hunt MOB dengan demage skill rendah sehingga membutuhkan waktu lbh lama untuk membunuh momon drpada destroyer
- waktu respond time momon pada saat bersamaan membuat paladin menunggu dan berusaha untuk mengumpulkan momon lg ke 1 titik temu
- cenderung ingin hunt tempat mob saja, sedangkan single tidak nyaman buat hunt seringkali tidak kebagian spot dan diundur/ antri untuk niat hunt
- berdasarkan pengalaman saya saat dulu mencoba menjadi paladin dari destroyer (reset job), hunt di sikara nonstop (only MOB) memakan waktu 1 jam untuk menaikan 1% - 1.5% EXP

destroyer :
- bagi destroyer pemula yg masih awam umumnya hunt seadanya dengan demage sedang dan skill yg terbatas sehingga hunt memang cukup berat dan lambat apalagi tidak di
dukung EQ yg bagus dan ASPD yg cepat.
- secara umum destroyer dibawah lvl 200 uhnt lbh lambat karna faktor ke 1, namun hunt akan semakin nyaman dan kencang (lbh cepat drpd paladin) ketika menginjak lvl 200++
- destroyer dengan "fast kill" posible untuk membunuh momon dalam waktu cepat , MOB dalam waktu cepat (walau agak bocor) dan boros pot (biru & merah)
- tidak ada delay waktu selang menunggu momon respawn, saat kill 1 maka muncul yg lain dan nonstop , dan ketika kedaan terdesak (beberapa momon datang menyerang dengan
sendirinya) mampu MOB dalam waktu cepat tanpa harus mengumpulkan momon.
- berdasarkan pengalaman saya saat kembali menjadi destroyer dari paladin (reset job) dengan EQ dan status yg sama, hunt di sikara nonstop (singel + MOB) memakan waktu
1 jam untuk menaikan 1.5% - 2.5% EXP.

RANTAIAN SKILL EFEKTIF

-saat hunt normal single:

Break Armor (mengurangi def momon) >> DeadlyCrash (saat def momon turun gunakan skill ultimate) >> Grandsword (skill ke 2 terbesar) >> Shock Impact (skill ke 3 terbesar) >> selanjutnya terserah anda.

- saat hunt mode MOB / keadaan terdesak :

DeadlyCrash pada 1 momon (untuk berkesempatan mengaktifkan frenzy) >> HeavenlyCross ( delay lbh cepat dr Deadlycross) >> DeadlyCross (saat selesai penggunaan skill, delay heavenlyCross selesai siap untuk skill kembali) >> HeavenlyCross >> Grandcross ( krna deadlycross msh delay) >> Heavenlycross >> DST berulang

selamat mencoba ^_^

TEHNIK PVP

Destroyer akan menjadi penyerang sekaligus frontier tanker yang bagus bila di lengkapi dengan EQ yg bagus (XG rata), senjata (XG), dan pet (Dragon / FlyDragon). tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. dalam pvp / GWH, untuk melumpuhkan lawan menggunakan tehnik "skill chain" destroyer yang efektif. ini adalah urutanya beserta

penjelasan :

5 skill chain uatma : BreakArmor >> ShockImpact >> DeadlyCrash >> GrandSword >> ImpactDestruction >> dst

1.BreakArmor = gunakan skill ini sebagai skill pembuka , karna skill ini mampu menurunkan def lawan sebesar 10% pada lvl max dengan efek 2 detik. jika def lawan 1000
maka akan turun menjadi 900 (dalam selang kisaran 2 detik). pada saat def turun itulah kesempatan untuk melakukan skill selanjutnya agar demage masuk lbh besar, namun
lawan msh dapat/ berpeluang mengisi HP.

2. ShockImpact = setelah def lawan turun 10%, lakukan skill selanjutnya yaitu ShockImpact sehingga lawan akan terkena efek STUN selama 2 detik kedepan.dalam keadaan STUN, lawan tidak dapat bergerak, mengisi HP dan melakukan skill. Gunakan Kesempatan 2 detik kedepan ini dengan menggunakan skill berikutnya.

3. DeadlyCrash, merupakan demage dealer destroyer terbesar, gunakan skill ini saat lawan dalam keadaan STUN selama 2 detik. catatan : dalam keadaan 2 detik STUN, jika
aspd kenceng dapat melakukan 3 skill kedepan, demage masuk ke lawan dengan tidak memberi kesempatan mereka untuk mengisi HP.

4 GrandSword, merupakan skill terbesar ke2 setelah DeadlyCrash, gunakan skill ini setelah deadlycrash dan lawan msh dalam keadaan stun 1 detik kedepan.

5. jika anda cukup cepat dan sempat (lawan msh dalam keadaan STUN) , anda dapat mengakhiri lawan dengan melakukan impact destruction.

Selamat mencoba ^_^

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Lumayan Detail Juga ^^
Knp lebih milih Destroyer?

Unknown mengatakan...

Statusnya gimana tuh, trus cari skillbooknya dimana

Posting Komentar